About

Selasa, 04 November 2014

ANATOMI FISIOLOGI PERSEPSI SENSORI PADA JANIN, BAYI & ANAK –ANAK


I.       Anatomi Fisiologi Pendengaran
A.    Janin
a.       Pada usia kehamilan seminggu
Di usia kehamilan seminggu yaitu setelah 8 hari setelah proses pembuahan terjadi, blastocyst (kini memiliki 200 sel) merembeskan lendir untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.
b.      Usia kehamilan 2 Minggu
Memasuki minggu ke-2, blastocyst menggelembung dan sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira 2 kali sehari sampai pada hari yang ke 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocystterpaut kokoh pada endometrium.
c.       Minggu ke 3
Kemudian masuk minggu ke-3 setelah proses pembuahan terjadi, ukuran embrio terbentuk dan ukurannya hanyalah sepanjang 0.08 inci / 2 mm. Gen janin mulai ingin membentuk dalam 3 lapisan benih (sel) dari organ yang akan bergabung.
d.      Minggu ke 4
Pada minggu ke-4 berikutnya, janin sudah mulai membentuk struktur dasar manusia dimana sel-sel mulai bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang sekitar 1 / 4 inci / 6 mm. Pada waktu ini sudah terlihat pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang memompa darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah dari jantung).
e.       Minggu ke 5
Embrio akan terus membesar sehingga pada minggu ke-5 ditemukan ada 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ini akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Sedangkan lapisan mesoderm pula yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yang dasar yaitu jantung, ginjal, tulang dan organ reproduktif. Selain itu, kita harus tahu bahwa dalam pembentukkan janin ini, sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Terakhir adalah lapisan endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk organ dalam seperti usus, hati, pankreas dan kandung kemih.

f.       Minggu ke 6
Kalau kita gambarkan ukuran janin 6 mm itu hanyalah sebesar biji semangka saja. Pada minggu ke-6, jika pemeriksaan secara ultrasound dilakukan, kita akan dapat melihat janin sudah mulai terjadi perkembangan telinga tengah.
g.      Minggu ke 7
Setelah usia janin minggu ke-7, bentuk bayi semakin jelas terbentuk. Kepala bayi seolah tertunduk dan berada dalam cairan ~ air ketuban atau amnotic sac yang akan memberikan kebutuhan pertumbuhan bayi saat dalam konten.
h.      Minggu ke 8
Untuk pengetahuan, pada kandungan minggu ke-8, rupa bayi sudah mulai terbentuk antaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada di bawah membran kulit yang tipis. Saat ini juga anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun tidak berapa jelas lagi.
i.        Minggu ke 9
Ukuran bayi pada usia minggu ke-9 hanyalah sebesar sebiji anggur yaitu dalam ukuran seinci.Pembentukan telinga sudah terlihat pada waktu ini karena telinga sudah dapat merespon dengan baik suara yang dibunyikan. Dan yang paling mengembirakan bagi bakal ibu adalah pada saat inilah bayi kita sudah mulai mengerakkan anggota badannya. (Sudah dapat menggerakkan radius tangan sedangkan radius kakinya masih bergabung).


j.        Minggu ke 10
Pada usianya masuk minggu ke-10, bayi kita sudah kelihatan seperti manusia yang lengkap. Pada minggu ini, payudara ibu akan sedikit membengkak karena ada cairan oestrogen dan progesteron sebagai persiapan untuk menyusui kelak.Pada usia kehamilan minggu pertama – minggu ke 10, ibu yang hamil sangat membutuhkan zat besi. Dengan zat besi tersebut dapat membantu ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual, muntah-muntah serta alergi. Dengan zat besi yang mudah hadam juga dapat membantu pertumbuhan janin. Antara sindromyang dapat dicegah atau dikurangi dengan konsumsi zat besi ini adalah dapat mencegah demam, batuk, pilek, dingin-dingin, sakit kepala, sakit gigi dan lain-lain lagi. Paling penting ia juga turut membantu melancarkan aliran darah dan mencegah dari masalah urat bersimpul di betis dan kaki serta menghilangkan letih dan lesu.
k.      Minggu ke 11
Pada usia kehamilan masuk minggu ke-11, bayi dalam kandungan akan mulai suatu proses pertumbuhan yang pesat dan mulai mengangkat kepala ke atas jauh dari dadanya. Alat kelamin luar juga mulai terbentuk tetapi masih kecil sehingga sulit untuk melihat kelaminnya apakah pria atau perempuan dengan cara pemindaian.
l.        Minggu ke 12
Jadi menjelang minggu ke-12 yaitu usia kehamilan 3 bulan, kebanyakan wanita akan mulai terlihat tanda-tanda fisik pada kehamilannya. Sekarang bayi akan membesar dengan cepat. Ukuran bayi dalam kandungan akan bertambah beberapa milimeter setiap hari. Wajahnya juga semakin jelas.Jari jemari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata. Berat bayi pada masa ini adalah sekitar satu ons (28g) dan panjangnya dalam 8 cm.Risiko keguguran berkurang pada minggu ke-12 karena bayi semakin kuat posisinya. Saat ini bayi dah bisa menguap, menggeliat, memutar badan tetapi karena ukurannya yang masih kecil kita tidak akan dapat merasakan apapun pergerakan.

m.    Minggu ke 13
Minggu ke-13, kepala bayi membesar dengan lebih cepat dari yang lain-lain. Badannya juga semakin membesar untuk mengejar pertumbuhan kepala. Berat bayi kita kini bisa mencapai sekitar 30g. Kuku kaki dan tangan juga mulai tumbuh. Saat ini puan mungkin akan mengalami perubahan signifikan akibat perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Misalnya rembesan minyak menyebabkan wajah kita berbintik-bintik. Kita harus banyak minum air hangat / masak serta membersihkan muka paling tidak 2-3 kali sehari.
n.      Minggu ke 14
Memasuki minggu ke-14 detak jantung bayi akan semakin kuat dan kita sudah bisa mendengarnya dalam tes pemindaian. Lajunya adalah 2 kali lipat kecepatan jantung kita. Saat ini bayi terlihat kurus karena belum ada lapisan lemak. Kulitnya juga sangat nipis sehingga kita dapat melihat saluran darahnya. Pada tahap ini juga biasanya ibu hamil akan mengalami masalah sembelit karena pergerakan usus cenderung diperlahankan saat hamil. Jadi jangan memakai pakaian yang ketat atau sendat agar lebih nyaman.
o.      Minggu ke 15
Minggu berikutnya yaitu minggu ke-15, bayi kita sudah mampu menggenggam tangannya dan menghisap ibu jari. Kelopak matanya masih tertutup dan akan terus kekal tersebut sehingga minggu ke-26. Meskipun begitu bayi dapat mengetahui perubahan cahaya ketika ini. Bayi kita juga sudah bisa menelan. Puan akan merasa perubahan signifikan karena garis pinggang kita akan mengembang dan jantung mulai berdegup 20% lebih cepat karena volume darah mengalir dalam badan telah meningkat. Jadi banyakkan senaman ringkas atau puan juga dapat melakukan aktivitas berenang untuk meringankan gejala kehamilan dan menyediakan stamina manjadi lebih kuat ketika proses kelahiran kelak.
p.      Minggu ke 16
Minggu ke-16. Kehamilan kini sudah 4 bulan. Saat ini badan kita perlu senantiasa sehat dan bertenaga. Bayi kita telah terbentuk sepenuhnya dan perlu diberikan nutrisi yang secukupnya oleh posisi lebih tegak sekarang, matanya sudah berpindah lebih dekat ke bagian depan wajah, dan telinga janin sudah hampir mencapai posisi akhir sehingga pendengaran janin sudah mulai berfungsi. Kini bayi dalam kandungan telah memiliki tulang yang kuat dan dia juga sudah dapat mendengar bunyi-bunyian untuk pertama kali. Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 10,6 – 12 cm dan berat badan janin berkisarantara 80- 110 gram.
q.      Minggu ke 18
Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 12,5 – 14 cm dan berat badan janin berkisar120 – 150 gram. Karena organ janin hampir semuanya sempurna, maka janin akan lebih mengkonsentrasikan untuk peningkatan berat badannya. Janin Ibu sedang sibuk menggerakkan dan menekuk lengannya, berguling, dan menendang, suatu gerakan yang akan sering Ibu rasakan di minggu-minggu ke depan. Saat ini bahkan janin Ibu sudah bisa menguap, suatu gambaran yang terkadang bisa Ibu lihat di pemeriksaan USG. Pertumbuhan tulang di telinga tengah dan saraf pendengaran menjadikan janin dapat mendengar suara, seperti suara detak jantung dan aliran darah Ibu melalui tali pusat. Janin bahkan mengangkat tangannya atau bergulung mencoba bersembunyi apabila terpajan dengan suara yang keras.
r.        Minggu ke 19
Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 13 – 15 cm dan berat badan janin berkisar 200 gram. Perkembangan sensorik dari janin semakin bertambah. Otak janin akan mengembangkan area untuk penciuman, indera rasa, pendengaran, penglihatan, dan sensasi raba. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa janin sudah dapat mendengar suara sekarang, jadi berbicaralah baik Ibu maupun Bapak untuk semakin menguatkan ikatan batin dengan janin. Janin Ibu akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Ibu berusaha untuk tidur. Lapisan menyerupai lilin yang menyelubungi tubuh janin disebut vernix kaseosa mulai terbentuk di seluruh kulit janin. Lapisan ini berwarna putih dan berminyak. Verniks berfungsi melindungi kulit janin dari cairan amnion. Tanpa verniks, kulit bayi akan terlihat keriput saat lahir
s.       Minggu ke 23
Panjang janin dari kepala sampai tumit saat ini sekitar 28 cm dengan berat sekitar 455 gram. Janin Ibu semakin gemuk dan beratnya akan terus bertambah lagi. Dengan panca inderanya yang semakin terbentuk sempurna, janin Ibu dapat merasakan gerakan dan suara dari luar. Mulailah membacakan buku dan berbicara dengan janin Ibu, perdengarkanlah musik dan berikanlah perkenalan pada dunia.
t.        Minggu ke 24
Gelombang otak janin sudah mengaktivasi sistim auditori dan visual sehingga mata janin dapatberespon terhadap datangnya cahaya dan telinga kecilnya dapat berespon terhadap suara dari luar. Telinga bagian dalam yang sudah terbentuk sempurna membantu mengontol keseimbangan dari janin sehingga janin dapat menentukan posisinya (atas, bawah) ketika berenang dan membuat gerakan didalam cairan ketuban.

B.     Bayi
a.       Bayi baru lahir
Ketika saat terlahir ke dunia bayi sudah menyadari akan bunyi – bunyi disekitarnya, bahkan bayi akan merasa kaget ketika mendengarbunyi keras yang tiba – tiba.
b.      Bayi usia 2 bulan
Pada perkembangan bayi 2 bulan, bayi sudah dapat mengidentifikasi bunyi – bunyi yang sering mereka dengarkan dan karena itulah, bayi mulai menjadi pemerhati yang bagus khususnya mengenai suara. Diantara sekian banyaknya orang, ibu adalah yang paling dekat dengan bayi meski ada ayah mereka karena ibu adalah orang yang paling mengerti mereka dengan menghabiskan waktu bersama – sama sekian lamanya.Tidak semua bayi dapat dengan mudah akrab dengan orang lain dan hal ini dibuktikan dengan kondisi mereka sewaktu dipelukan atau dibuaian orang lain, kecuali dengan ibunya dan alhasil, bayi pun akan menangis jika dipeluk oleh orang lain, karena sensasi yang bayi dapatkan berbeda dari apa yang diberikan ibu mereka. Bayi mengalami pertumbuhan dari waktu kewaktu dan sewaktu usia mereka mencapai perkembangan bayi 2 bulan, perkembangan sudah mulai tampak seperti pergerakan kepala lebih bervariatif, pergerakan tubuh lebih kuat dan dapat bertahan lama. Meski bayi sudah mampu untuk menggerakan tubuh mereka, sang ibu juga masih perlu untuk memberikan perlindungan dengan memberikan topangan pada tubuh bayi.
Selain pergerakan tersebut, bayi juga mampu melakukan variasi gerakan yang lainnya seperti senang mempermainkan tubuh mereka yang mencangkup mulut dan jari. Pada perkembangan bayi 2 bulan, para bayi cenderung ingin memegang apapun yang dapat mereka gapai dan disini peran orang tua sangat dibutuhkan yakni memisahkan benda yang boleh dan tidak untuk dipegang bayi mengingat bayi sering memasukkan benda yang mereka pegang ke mulut mereka.plasenta. Bayi kita mulai menerima nutrisi dari plasenta sejak minggu ke-14.
c.       Bayi usia 3 bulan
Pada bulan ketiga, bayi sudah mulai aktif dan belajar banyak hal seperti mengenali dan membedakan wajah ibu dan bapaknya. Perkembangan bayi 3 bulan sungguh pesat dan ia sudah mulai mengamati benda-benda disekelilingnya dan mulai ingin menyentuh benda tersebut. Sang bayi juga mulai lebih sadar dalam gerakanya dan gerak reflek bayi kemudian kebiasaan tangan menggenggam sudah mulai hilang. Bayi sudah mulai bisa menggerakan tangan untuk menyentuh benda-benda dan perkembangan jarinya juga sudah pesat. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa memandang dan melambaikan tangan walau sedikit tidak terarah.
Pada fase perkembangan bayi 3 bulan, sang bayi perlu diawasi lebih ketat karena dia mulai memasukkan benda-benda yang diraihnya kedalam mulut. Pada usianya yang 3 bulan bayi mulai suka mendengarkan suara-suara asing dan terutama suaranya sendiri. Pada fase ini, benda mainan bayi sudah bisa diberikan dan hendaknya dipilih benda mainan yang terbuat dari karet dengan ujung yang tumpul. Pilih juga mainan yang tidak diberi pewarna seperti cat dan juga pilih mainan yang bisa bersuara untuk melatih telinga bayi. Untuk merangsang bayi agar aktif, maka mainan tersebut bisa digantung diatas box tempat tidur.
Pada perkembangan bayi 3 bulan, maka sang bayi bisa diperkenalkan ke dunia luar dengan membawanya jalan-jalan disekitar rumah saja. Selain itu, sebaiknya bayi juga diperdengarkan lagu-lagu lembut yang bisa merangsang perkembangan otaknya. Pada usia 3 bulan, bayi sudah belajar menggumam dan suara-suara seperti P,B, dan M menjadi gumamannya yang pertama. Jangan heran bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa menyebut mama atau papa walau masih tidak begitu jelas. Bayi pada usia 3 bulan sudah bisa diajak berkomunikasi dan cara bayi berkomunikasi adalah dengan menggerak-gerakan tanganya. Dia juga sudah bisa mengekpresikan gembira, sedih, dan tertawa. Bayi usia 3 bulan akan meraih apapun yang disodorkan kepadanya dan tertawa senang sambil kakinya menendang-nendang. Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa menunggu ibunya untuk memberikan apa yang dia inginkan selain itu bayi juga lebih jarang menangis jika lapar dan hanya sekedar merengek saja.
d.      Bayi usia 5 bulan
Pada perkembangan bayi 5 bulan, si bayi sudah bisa membuat berbagai suara dengan lidah dan bibirnya. Suara yang paling sering terdengar adalah suara berdecak dan menggumam, selain itu, bayi usia 5 bulan juga sudah bisa dan mulai mempelajari suara-suara disekitarnya dan kemudian menirunya. Ini adalah sebenarnya mekanisme bayi untuk memulai kemampuan berbahasanya. Sehingga anda akan sering mendengar bayi menggumamkan kata-kata atau suara yang sama berulang kali.
Pada fase perkembangan usia inilah juga bayi usia 5 bulan bisa mulai tertawa. Untuk merangsang sang bayi agar tertawa atau membuat suara dengan mulutnya, cobalah membuat tanggapan saat bayi anda tertawa ataupun anda membuat gerakan yang bisa merangsang bayi untuk tertawa. Selain itu, dengan kemampuan awal berbahasanya, bayi usia 5 bulan sudah bisa memberikan suara yang berbeda ketika dia lapar atau sedang pup.
Pada perkembangan bayi 5 bulan, bayi akan lebih suka didudukan dalam posisi tegak walau pada awalnya dia akan bertumpu pada tangannya. Sebaiknya bayi usia 5 bulan anda dudukan dengan cara diberi sandaran bantal atau anda sandarkan ke tubuh anda untuk membuat sang bayi cepat kuat duduk dan menghindari punggung yang bengkok. Pada saat bayi usia 5 bulan duduk anda bisa mengenalkan gelas minum bermoncong. Pilih gelas bermoncong yang mempunyai dua pegangan dan terbuat dari bahan yang tidak tajam dan tidak mudah pecah karena bayi anda akan sering membantingnya atau memukul-mukulkanya ke lantai. Saat mengajari minum dengan gelas bermoncong, maka akan banyak air yang tumpah, maka sebaiknya beri lembaran kain yang menyerap air dibawah dagu bayi saat dia minum.
e.       Bayi usia 7 bulan
Ketiak bayi berusia 7 bulan,di sudah dengan baik mengenal asal suara. Selain suara orang tuanya,bayi juga sudah bisa mendengar dan membedakan serta mengetahui sumber suara lain di sekelilingnya. Seperti suara bel, bunyi suara televisi,dll.
f.       Bayi berusia 9 bulan
Pada saat bayi berusia sembilan bulan, bayi sudah mampu mendengar suara yang berasal dari ruangan lain,meskipun suara itu tidak keras bunyinya.
g.      Bayi usia 12 bulan
Pada saat bayi sudah berusia 12 bulan,bayi sudah mampu mengatasi suara bising ketika ingin berkonsentrasi pada mainannya. Saat usia ini bayi sudah mengerti beberapa kata dan kelompok kata.

C.    Anak – anak
Pada anak – anak, struktur telinga sudah menyerupai orang dewasa sehingga anatomi dan fisiologi nya hampir mirip dengan orang dewasa.                    
1)      Anatomi Telinga

Anatomi Telinga luar terdiri atas daun telinga dan liang telinga

1. DAUN TELINGA (AURICULA)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuUPjk84r52ACiSs4f9lHesBiQruA4ZKhu8UzsUSDphmousGxitWofwWnRYRNhRfVwUbwfK5-Rg_Vds0heqeFUxLfZeVwosr8eC4zv-9vcq_rnib2fOwh1QeQ7-sXmsju5HTUcIRTEk-4/s320/AUR.JPG
Telinga luar atau auris eksterna terdiri dari 3 bagian yaitu:
1. Aurikulum = daun telinga = pina
Berbentuk pipih dan berlekuk, tersusun atas kerangkan tulang rawan (kartilago) kecuali pada lobulus, diliputi oleh kulit yang melekat pada perikondrium.
Pada proses mendengar daun telinga ini berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan glombang bunyi serta menentukan arah sumber bunyi (pada binatang aurikulum ini dapat digerakan).

2. Liang telinga luar = CANALIS AUDITORIUS EKSTERNUS
Terdiri atas:
a. Meatus akustikus eksternus ( lubang )
b. Canalis auditorius eksternus ( saluran ), terbagi menjadi:
 1/3 lateral = pars kartilago = cartilago auricula, lapisan kulit ( folikel rambut, kel. Sebasea, kel. Sudorifera, kel. Ceruminosa )
2/3 medial = pars oseus, kulit / mukosa, folikel rambut, kelenjar, melekat erat pada tulang, infeksi selulitis gejala hebat.
Berbentuk seperti tabung dengan penampang 0,5 cm dan panjang 2,5-3 cm. Pada proses mendengar memiliki fungsi untuk melanjutkan gelombang suara dan meresonansi bunyi + 12-15 dB.
2. Telinga Tengah
Sebagai batas antara telinga luar dan telinga tengah dibatasi oleh membran yang disebut dengan membrana tympani.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQHuR2NVuedLHAfC53aXfW65auUYpEVfpU9qcDN3GX3KOXMC_EMU0V0O6FF54SdivBooNxtEYzPHXzpHpCg4Lk77qsVYeDlsDeEO_KMOND34omePJyazsIZzJeTLIWSjdo8ZaF8sV95hg/s400/telinga+tengah.JPG
1. Membran tympani
Merupakan sutu selaput yang berwarna putih seperti mutiara, berbentuk oval-kerucut, terdri dari:
- Pars flasida (2 lapis): terdiri atas stratum kutaneum dan stratum mukosum
- Pars tensa (3 lapis):  terdiri atas stratum kutaneum, stratum fibrosum, dan stratum mukosum
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEispnyC4svlM3WCTspnErob4FDhOT4AZpdxwa09P45pAShVMnupkCnxM_l11idQi1HGgpluLlHjhxAToQIZ-MBo6AS8HSkpJYsuQqlzYdjXfvGZUDi0MniGP5IbnxExsJW1tMV9ShshNB8/s320/membran.JPG


2. Kavum Timpani
Kavum timpani merupakan bangunan yang berbentuk kubus yang tak teratur, terletak antara telinga tengah dan telinga dalam.
Cavum timpani terdiri atas 3 bagian:
a. Epitimpanum; merupakan cavum timpani bagian atas yang berhubungan dengan antrum dengan aditus ad antrum
b. Mesotimpanum; merupakan cavum timpani bagian tengah
c. Hipotimpanum; merupakan cavum timpani bagian bawah yang berhubungan dengan tuba eustachius

Pembagian secara fisiologi:
a. Timpani anterior, terdiri dari: mesotimpani, hipotimpani, tuba auditiva
b. Timpani posterior, terdiri dari: retrotimpani ( antrum dan selula)

Cavum timpani berisi:
- Osikula: Maleus, Inkus, Stapes
- Muskulus: muskulus temsor timpani, stapedius
- Lain-lain: ligamen, saraf (korda timpani)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmImIovZuw3212TKorfHASr5wuv2QADqftt-ZR5mvOfrjfvRdilexfOSleIOK-JEHWtae0XTTXgRHK0fqmbuGvKi4y6KUbAgV5xoga2vvzwb62akTngGWe6soTzfK579j0JZKZTAaTGSY/s400/cavum.JPG

Pada proses mendengar:
- Membran timpani dan osikula memperkuat gelombang bunyi sekitar 25-30 kali. Sedangkan muskulus stapedius dan muskulus tensor timpani mengurangi gelmbang bunyi yang berlebihan.

3. Tuba Eustachius
Menghibungkan cavum timpani dengan nasofaring. Terdiri dari 2 bagian, yaitu:
a. Pars osseus : 1/3 bagian lateral ( panjang 12 mm ) selalu terbuka
b. Pars cartilaginosa / pars membranacea: 2/3 bagian medial , selalu tertutup.
Tuba pada anak lebih pendek, lebih lebar, dan lebih horisontal. Oleh karena itu anak sering mengalami otitis media akut karena kuman mudah masuk.

Berfungsi:
- Drainase
- Ventilasi (pertahankan tekanan udara dan oksigenasi)

4. Antrum dan sel-sel mastoid
- Berhubungan dengan cavum timpani melalui aditus ad antrum.
- Dibentuk oleh pars squamosa dan pars petrosa, dimana melekat m. Sternokleidomastoideus dan m. Digastricus venter posterior
- Mengandung rongga udara yang disebut selluale, yang juga berhubungan dengan antrum
- Antrum sudah ada sejak kecil sedang selula terbentuk sejak kehidupan tahun-tahun pertama sampai tahun ke 5 atau ke 6
- Radang di cavum timpani dapat menyebabkan radang di antrum mastoidea disebut mastoiditis.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEht7MTnpd0FXqwOXWaGTSHQa-x7wfFY2sxHkQ3rPpVyuOX5UkMm4gc9zNO8ImTlUChMrj1xqAgwMJySBzmuLIOi4rSCdUOa0yJ20OVzECaDI1_t2cbgksAQ4g7BT-GdOerSorNvLjG_sjk/s400/ANTRUM.JPG
Telinga Dalam = Auris Interna = Labirin
Telinga dalam terdiri atas 2 bagian:
Terdiri dari 2 bagian:
1. Tulang = labirin osseus
2. Membran = labirin membranaceus
Labirin membranaseus terdapat didalam labirin osseus, diantara keduanya terdapat perilimphe, sedang didalam labirin membranaseus terdapat endolimphe.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguADW8nv9IK97Wf4m2HVM1JQyit-iuaQiyKcc9T5MXNC0UMmyIWx12Wdp2KYP9AGI8PHWrYW3OYMFs3lrGv-3863NTIcJU5PGRO5cUlu9DmLmqGmLo1ClSg2oPdz3f_n45ivFIo-Z1Q9I/s400/DALAM.JPG

A. Labirin Osseus
Terdiri dari:
1. Cochlea, seperti rumah siput terletak didepan, berupa bangunan 2,5 lingkaran
2. Canalis semisirkularis:
- Canalis semisirklaris horisontalis / lateralis
- Canalis semisirkularis superior / anterior
- Canalis semisirkulais inferior / posterior

B. Labirin membranaceus
Terdapat diadalam labirin osseus dengan pemisah perilimphe yang berisi endolimpe. Terdiri dari:
1. Duktus cochlearis: di dalam cochlea fungsi pendengaran: n. Cochlearis

2. Saculus dan utriculus : didalam vestibulum
a. Saculus
Bentuk: globoid, lebih besar utriculus
Letak: depan bawah
Terdapat daerah sensoris maculi saculi, terdiri dari:
1. sel-sel reseptor
2. sel-sel penyokong
3. membrane basilaris
beraksi terhadap gerakan ventrikel

b. Utriculus
Bentuk ovoid
Letak belakang atas
Terdapat daerah sensoris makuli utriculus, terdiri dari:
- Sel-sel reseptor
- Sel-sel penyokong
- Membrane basilaris
Bereaksi terhadap gerakan horizontal, linier

3. Duktus semisirkularis : di dalam kanalis semisirkularis pada membrana basilaris terdapat organon corti dengan bangunan
- Pilar dalam dan pilar luar yang membentuk tunel of corti
- Sel-sel rambut dalam 1 deret keluar 3-4 deret
- Sel-sel penyokong: el deiters, sel hansen, claudies dan membrane tektoria.
2)      Fisiologi Telinga
Proses mendengar diawali dengan ditangkapnya energi bunyi oleh daun telinga dalam bentuk gelombang yang dialirkan melalui udara atau tulang koklea. Getaran tersebut menggetarkan membran timpani, diteruskan ke telinga tengah melalui rangkaian tulang pendengaran yang mengamplifikasi getaran melalui daya ungkit tulang pendengaran dan perkalian perbandingan luas membran timpani dan tingkap lonjong. Energi getar yang telah diamplifikasi ini diteruskan ke stapes yang menggerakkan tingkap lonjong, sehingga perilimf pada skala vestibuli bergerak.Getaran diteruskan melalui membran Reissner yang mendorong endolimf, sehingga menimbulkan gerak relatif antara membran basalis dan membran tektoria.
Proses ini merupakan rangsang mekanik yang menyebabkan terjadinya defleksi stereosilia sel-sel rambut, sehingga ion terbuka dan terjadi penglepasan ion bermuatan listrik dari badan sel. Keadaan ini menimbulkan proses depolarisasi sel rambut, sehingga melepaskan neurotransmitter ke dalam sinapsis yang akan menimbulkan potensial aksi pada syaraf auditorius, lalu dilanjutkan ke nucleus auditorius sampai ke korteks pendengaran (area 39 – 40) di lobus temporalis.









     










II.                Anatomi fisiologiPenglihatan
A.    Janin
Mata mulai terbentuk pada 22 hari kehamilan, dan pada 8 minggu kehamilan dianggap dalam bentuk yang lazim. Pada saat lahir Mielinisasi serat – serat saraf sudah lengkap dan respon pupil dapat diperoleh. Bayi baru lahir, bagaimanapun juga mempunyai penglihatan yang terbatas. Neonatus mampu mengenali bentuk ibunya dan mengenali cahaya dan gerakan, ditandai dengan refleks berkedip. Nistagmus yang tajam umum terjadi. Kemampuan untuk mengikuti objek tidak berkembang sampai umur 4  minggu, ketika bayi mampu mengikuti cahaya dan objek kegaris tengah.Lakrimasimulaiadasaatberumur 6 – 12 minggu.Perbedaan warna iris ada antara umur 3 dan 5 bulan.Macula dan fovea sentralis secara structural mengalami diferensiasi pada umur 4 bulanPada umur 8 minggu bayi mampu mengikuti cahaya melewati garis tengah, walaupun strabismus menjadi jelas.
iris biasanya dianggap berwarna permanent saat umur 6 bulan, tetapi pada beberapa anak tidak sampai 1 tahunStrabismus konvergen intermiten umum terjadi sampai umur 6 bulan, kemudian menghilang. Otot – otot dianggap berfungsi dengan sempurna pada umur 1 tahun.. Maturasi makula dicapai saat umur 6 tahun. Bayi normalnya berpenglihatan jauh. Seperti anak kecil, bayi melihat dengan baik pada rentang yang sempit. Ketajaman penglihatan jauh. Ketajaman penglihatan pada bayi mempunyai rentang dari 20/300 sampai 20/50.
Pada minggu ke 13, Retina, kornea, iris (selaput pelangi), serta lensa mata sudah dapat berfungsi. Janin mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya. Tumbuh kembang janin didukung oleh plasenta, yang menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal makanan, pembuangan sisa metabolisme, serta menyaring zat-zat berbahaya. Kulit, otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya. Pada minggu ini, janin telah mampu merasakan detak jantung ibunya. Panjang bayi sekitar 7,5cm dengan trakea, paru-paru, perut, hati, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul  dengan 20 gigi bayi. pada minggu ini jari tangan dan telapak kaki mulai terlihat.

Pada minggu ke 14, Telinga janin menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala. Demikian pula mata mengarah ke posisi sebenarnya. Leher pun terus memanjang sementara dagu tak lagi menyatu ke dada. Sedangkan alat-alat kelamin bagian luar juga berkembang lebih nyata, sehingga pada minggu ini organ seks bayi sudah dapat di bedakan antara laki dan perempuan. Denyut jantung janin berdetak kuat (detak jantung hampir 2 kali lebih cepat daripada anda) dan anda dapat mendengarkannya saat pemeriksaan dengan dokter anda. karena sudah memberi respons terhadap dunia di luar rahim ibu, janin mungkin akan bergerak bila anda mengusap perut, tapi mungkin anda masih belum dapat merasakannya.
Pada janin usia 15 bulan, Bayi sudah mulai dapat mendengarkan ibunya, mendengarkan denyut jantung, suara perut, dan juga suara anda. Sekarang bayi sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis. ukurannya sekarang sekitar 114 gram dengan panjang sekitar 15 cm. Kehamilan makin terlihat, hingga demi kenyamanan si ibu maupun janinnya, amat dianjurkan mulai mengenakan baju hamil. Sebab, kulit dan otot-otot, terutama di sekitar perut akan melar karena mengalami peregangan luar biasa guna mengakomodasi pembesaran rahim. Garis-garis regangan yang disebut striae umumnya muncul di daerah perut, payudara, bokong dan panggul.
Perkembangan Janin Minggu ke-16Janin sudah hampir sempurna sekarang dengan pertumbuhan bulu mata dan alis namun masih terlihat kurus karena belum terdapat lemak di tubuhnya.Panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut. Rambut halus tumbuh diseluruh dipermukaan tubuh janin, yang disebut lanugo. Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram. Jika melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot janinsudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Ia sudah mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan kencing, dan cegukan. Pada minggu ini jika sinar terang di letakkan di perut anda, bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Sistem pencernaan janin pun mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin, lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme.
Pada usia janin Minggu ke 20, Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini sekitar 18- 20 cm dan berat badan janin sekitar 300gram. Pertumbuhan dan perkembangan janin sudah mulai melambat minggu ini. Janin kecil Ibu masihtetap bersemangat untuk menendang-nendang dan mencari posisi yang lebih nyaman. Beberapa janin sudah memposisikan dirinya dengan kepala di bawah pada akhir trimester ini, namun beberapa janin baru akan memiliki posisi kepala di bawah pada akhir kehamilan. Rapid Eye Movement (REM) terbentuk pada minggu ke-21 dan alis serta kelopak mata janin sudah terbentuk. Bila janin perempuan maka vagina sudah mulai terbentuk
B.     Bayi
a.      Saat Bayi Baru Lahir
1)       Saat lahir, bayi hanya melihat dalam warna hitam dan putih dan abu-abu. Sel-sel saraf di retina dan otak mereka bahwa visi kontrol belum sepenuhnya dikembangkan. Mata bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan untuk mengakomodasi (fokus pada objek dekat).
2)       Meskipun keterbatasan visual, studi menunjukkan bahwa dalam beberapa hari setelah lahir, bayi lebih suka melihat gambar wajah ibu mereka dibandingkan dengan wajah  orang asing.
3)       Para peneliti percaya preferensi ini tergantung pada besar, rangsangan kontras tinggi, seperti batas garis rambut ibu ke wajahnya. Dalam studi, jika batas tersebut ditutupi dengan syal atau topi renang, preferensi bayi untuk melihat wajah ibu mereka menjadi teralih.
4)       Jadi untuk mendorong interaksi visual dengan anak yang baru lahir, menjaga gaya rambut sama dan menghindari mengubah penampilan anda.
5)       Satu hal yang mungkin dapat dilihat tentang mata anak yang baru lahir adalah melihat seberapa besar mata mereka. Hal ini karena hasil perkembangan bayi yang normal biasanya dapat dilihat dari kepala ke bawah. Saat lahir, mata bayi sudah terlihat sekitar 65 persen dari ukuran mata dewasa
6)       Saat lahir, bayi sangat sensitif terhadap cahaya terang, sehingga murid mereka tetap terbatas untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata. Setelah sekitar dua minggu, pupil membesar dan bayi dapat melihat berbagai nuansa terang dan gelap. Retina (jaringan peka cahaya di dalam mata) berkembang dengan cepat dalam kemampuan untuk melihat dan mengenali pola semakin membaik. Gambar kontras tinggi seperti gambar hitam-putih, mata banteng atau bentuk wajah yang sangat sederhana yang paling mungkin untuk menarik perhatian bayi di minggu-minggu awal.
7)       Wajah manusia selalu menjadi  gambar favorit bayi. Ketika seseorang memegang bayi, dia akan melihat tajam pada wajah seseorang terutama mata. Sebagai rentang visual bayi meningkat pada bulan pertama. Bayi akan dapat melihat wajah seseorang secara keseluruhan dan akan jauh lebih responsif terhadap ekspresi wajah.
b.      Usia 1 Bulan
1)       Mata bayi Anda tidak sangat sensitif terhadap cahaya di bulan pertama kehidupan. Bahkan, jumlah cahaya yang diperlukan untuk bayi 1-bulan-tua untuk menyadari adanya cahaya (disebut ambang deteksi cahaya) adalah 50 kali lebih tinggi daripada orang dewasa.
2)       Menjaga penampilan orang tua secara konsisten membantu bayi mengenali danberinteraksi dengan oreang tua setelah lahir.
3)       Tidak masalah untuk menyalakan lampu di kamar bayi dan tidak akan berpengaruh dengan kemampuan tidur bayiu. Justru lampu itu dapat membantu menjaga Anda jari-jari kaki anda agarterhindar dari benturan kaki furnitur ketika Anda sedang memeriksa bayi.
4)       Kemampuan penglihatan warna bayi sama seperti kemampuan visual lainnya. Pada usia satu bulan, mereka sensitif terhadap kecerahan atau intensitas warna dan akan terlihat lebih panjang pada warna-warna berani dan pola kontras dari pada nada ringan.
5)       Bayi mulai berkembang kemampuan untuk melihat dalam warna yang sangatcepat. Pada satu minggu setelah lahir, mereka bisa melihat merah, oranye,kuning dan hijau. Tapi itu butuh waktu sedikit lebih lama bagi mereka untuk dapat melihat biru dan ungu. Hal ini karena cahaya biru memiliki panjang gelombang lebih pendek, dan reseptor warna sedikit ada di retina manusia untuk cahayabiru.
6)       Jangan terlalu khawatir jika gerakan mata bayi Anda kadang tidak terjadi dengan gerakan yang sama satu dengan mata lainnya. Satu mata terkadang hanyut ke dalam atau keluar dari keselarasan. Gearakan ini kadang masih dianggapnormal. Tetapi jika Anda melihat gangguan tersebut sangat besar dan konstanterus menerus,  mmka sebaiknya harus segera memberitahu ke dokter anak.
c.       Usia 2-3 Bulan
1)       Banyak kemajuan dalam pengembangan penglihatan berlangsung pada usia dua dan tiga bulan. Bayi berkembang ketajaman visual yang lebih baik selama periode ini, dan mata mereka mulai bergerak lebih baik. Usia ini bayi harussudah mengikuti obyek yang bergerak pada tahap ini dan mulai meraih hal-halyang dilihatnya.
2)       Cerah, ceria ruangan dengan banyak warna dan variasi bentuk membantu merangsang perkembangan penglihatan bayi Anda.
3)       Pada tahap ini perkembangan belajar untuk mengalihkan pandangan merekadari satu objek ke yang lain tanpa harus memindahkan kepala. Mata bayimenjadi lebih sensitif terhadap cahaya: pada usia tiga bulan, ambang batasdeteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dari orang dewasa. Jadi anda bisa lakukan bila ingin meredupkan lampu sedikit lebih redup untuk tidur siangdan tidur.
d.      Usia 4-6 bulan
1)       Pada usia 6 bulan, kemajuan signifikan telah terjadi di pusat-pusat penglihatanotak, yang memungkinkan bayi Anda untuk melihat lebih jelas dan memindahkanmatanya lebih cepat dan lebih akurat untuk mengikuti obyek yang bergerak.
2)       Ketajaman visual membaik dari sekitar 20/400 saat lahir kira-kira 20/25 padausia 6 bulan. Penglihatan warna harus sama dengan orang dewasa juga, memungkinkan anak Anda untuk melihat semua warna pelangi.
3)       Selama usia ini, kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh terus meningkatkan.
4)       Peningkatan persepsi, adalah kemampuan untuk menilai apakah benda lebih dekat atau lebih jauh dari benda-benda lain, tidak hadir pada saat lahir. Hal ini tidak sampai sekitar bulan kelima bahwa mata adalah mampu bekerja bersama untuk membentuk sebuah tampilan tiga dimensi dari dunia dan mulai melihat secara mendalam.
5)       Meskipun penglihatan warna bayi adalah tidak sensitif seperti orang dewasa, umumnya percaya bahwa bayi memiliki penglihatan warna yang baik saat usia lima bulan.
6)       Bayi juga memiliki koordinasi mata dan tangan yang lebih baik pada 4 sampai 6 bulan, yang memungkinkan mereka untuk cepat menemukan dan mengambilobjek dan akurat mengarahkan botol banyak hal lainnya ke mulut mereka.
7)       Usia enam bulan juga merupakan tonggak penting karena ini adalah ketika anak harus memiliki pemeriksaan mata anak pertamanya itu.
8)       Meskipun bayi tidak tahu huruf pada wall chart, dokter mata Anda dapat melakukan pengujian non-verbal untuk menilai ketajaman visual nya, mendeteksirabun jauh, rabun jauh dan astigmatisme, dan mengevaluasi matanya bekerja sama dan keselarasan.
9)       Pada pemeriksaan mata pertama ini, dokter juga mencari berbagai kelainan yang mungkin mengganggu perkembangan penglihatan normal dan berkelanjutan di kemudian hari. Untuk pemeriksaan mata paling menyeluruh untuk usia 6 bulan,Anda mungkin ingin mencari jasa seorang dokter mata yang mengkhususkan diri dalam penglihatan anak-anak dan perkembangan penglihatan anak

e.       Usia 7 - 12 bulan
1)       Pada usia ini bayi sudah banyak bergerak. Gerakan merangkak dan melakukan gerakan dengan jarak yang lebih jauh daripada yang pernah anda bisa bayangkan. Dia lebih baik dalam menilai jarak dan lebih akurat pada menangkap dan melempar benda.
2)       Ketika bayi mulai merangkak, bermain dengan dia di lantai untukmembantu mengembangkan kemampuan koordinasi mata-tangan danketerampilan motorik.Ini merupakan periode perkembangan penting bagi anak Anda.
3)       Pada tahap ini, bayi sedang mengembangkan kesadaran yang lebih baik daritubuh mereka secara keseluruhan dan belajar bagaimana untuk mengkoordinasikan visi mereka dengan gerakan tubuh mereka.
4)       Selama usia ini, kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh terus meningkat.
5)       Peningkatan persepsi, adalah kemampuan untuk menilai apakah benda lebih dekat atau lebih jauh dari benda-benda lain, tidak hadir pada saat lahir. Hal ini tidak sampai sekitar bulan kelima bahwa mata adalah mampu bekerja bersama untuk membentuk sebuah tampilan tiga dimensi dari dunia dan mulai melihat secara mendalam.
6)       Hal ini membutuhkan kecermatan lebih besar untuk menjaga bayi dari bahaya. Benjolan, memar, cedera mata dan luka serius lainnya dapat terjadi saat ia mulai fisik mengeksplorasi lingkungannya. Secara khusus, menjaga lemariyang berisi peralatan pembersih terkunci, dan menempatkan hambatan di depantangga.
7)       Jangan khawatir jika mata bayi mulai berubah warna. Kebanyakan bayi lahir dengan mata biru karena pigmen gelap di iris tidak sepenuhnyadikembangkan pada saat lahir. Seiring waktu, pigmen yang lebih gelapdiproduksi iris, yang akan sering mengubah warna mata bayi dari biru menjadicoklat, hijau, abu-abu atau campuran warna.
C.    Anak – anak
1)      Anatomi mata
Secara struktral anatomis, bola mata berdiameter ±2,5 cm dimana 5/6 bagiannya terbenam dalam rongga mata, dan hanya 1/6 bagiannya saja yang tampak pada bagian luar. Perhatikan gambar dibawah ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg61Vbgl_FZ_VzPvq06sAq2N2PW5UBYAfmQg9pgR2nsJwWHFEK3qx2GuHzWrirG6Xt6j6MXJ6FHi0oNGfNePvpZ5-IFTRnKN1f-rKwhYAUpJ4JSqwSoRl3G_NhOCRHODWQ04QGkiGUrdbAy/s400/bola+mata.jpg
Gambar diatas adalah gambar anatomi mata. Bagian-bagian mata mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Fungsi-fungsi dari anatomi mata adalah sebagai berikut:
  • Sklera: Melindungi bola mata dari kerusakan mekanis dan menjadi tempat melekatnya bola mata.
  • Otot-otot mata, adalah Otot-otot yang melekat pada mata, terdiri dari: muskulus rektus superior (menggerakan mata ke atas) dan muskulus rektus inferior (mengerakan mata ke bawah).
  • Kornea: memungkinkan lewatnya cahaya dan merefraksikan cahaya.
  • Badan Siliaris: Menyokong lensa dan mengandung otot yang memungkinkan lensa untuk beroakomodasi, kemudian berfungsijuga untuk mengsekreskan aqueus humor.
  • Iris: Mengendalikan cahaya yang masuk ke mata melalui pupil, mengandung pigmen.
  • Lensa: Memfokuskan pandangan dengan mengubah bentuk lensa.
  • Bintik kuning (Fovea): Bagian retina yang mengandung sel kerucut.
  • Bintik buta: Daerah syaraf optic meninggalkan bagian dalam bola mata
  • Vitreous humor: Menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata
  • Aquous humor: Menjaga bentuk kantong bola mata
Otot, Saraf dan Pembuluh darah Pada Mata
Otot yang menggerakan bola mata dengan fungsi ganda dan untuk pergerakan mata tergantung pada letak dan sumbu penglihatan sewaktu aksi otot. Otot penggerak bola mata terdiri enam otot yaitu:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggvInlAxQsNLZlwUvrUQFZ9xOyF87zBq2NHK6-8hDIi-0ZZxl9M_koQwPgZWT77i_OIxL712ezWBEo_lr38iOlWtRdrnM2fly_TvRbegmvUHR-tJz3OuB3_vgPO4JK0JGDyGhoviuyfqE/s320/image004-731437.jpg
  • Muskulus oblik inferior memiliki aksi primer eksotorsi dalam abduksi, dan memiliki aksi sekunder elevasi dalam adduksi, abduksi dalam elevasi.
  • Muskulus oblik superior memiliki aksi primer intorsi dalam aduksi, dan aksi sekunder berupa depresi dalam aduksi, dan abduksi dalam depresi.
  • Muskulus rektus inferior memiliki aksi primer berupa gerakan depresi pada abduksi, dan memiliki aksi sekunder berupa gerakan ekstorsi pada abduksi, dan aduksi dalam depresi.
  • Muskulus rektus lateral memiliki aksi gerakan abduksi.
  • Muskulus rektus medius memiliki aksi gerakan aduksi
  • Muskulus rektus superior memiliki aksi primer yaitu elevasi dalam abduksi dan aksi sekunder berupa intorsi dalam aduksi serta aduksi dalam elevasi.
Beberapa otot bekerja sama menggerakkan mata. Setiap otot dirangsang oleh saraf kranial tertentu. Tulang orbita yang melindungi mata juga mengandung berbagai saraf lainnya.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1XyqLWvwAlZ_2Z_2ILlQWgaxc_j2WQRinVueLBddiEW-VzARzqCFpGPIMjDkP208Rt3Y1MfNhzLbhLAqXWNwyj01irtWqusn4JAPLxFOWYTCSqfwQNAv_-TK__oj_QUjo1q5VJj3nPrWn/s400/saraf+kranial+mata.jpg
  • Saraf optikus membawa gelombang saraf yang dihasilkan di dalam retina ke otak
  • Saraf lakrimalis merangsang pembentukan air mata oleh kelenjar air mata
  • Saraf lainnya menghantarkan sensasi ke bagian mata yang lain dan merangsang otot pada tulang orbita.
Arteri oftalmika dan arteri retinalis menyalurkan darah ke mata kiri dan mata kanan, sedangkan darah dari mata dibawa oleh vena oftalmika dan vena retinalis. Pembuluh darah ini masuk dan keluar melalui mata bagian belakang.


Struktur pelindung
Struktur di sekitar mata melindungi dan memungkinkan mata bergerak secara bebas ke segala arah. Struktur tersebut melindungi mata terhadap debu, angin, bakteri, virus, jamur dan bahan-bahan berbahaya lainnya, tetapi juga memungkinkan mata tetap terbuka sehingga cahaya masih bisa masuk.
  • Orbita adalah rongga bertulang yang mengandung bola mata, otot-otot, saraf, pembuluh darah, lemak dan struktur yang menghasilkan dan mengalirkan air mata.
  • Kelopak mata merupakan lipatan kulit tipis yang melindungi mata. Kelopak mata secara refleks segera menutup untuk melindungi mata dari benda asing, angin, debu dan cahaya yang sangat terang.
Ketika berkedip, kelopak mata membantu menyebarkan cairan ke seluruh permukaan mata dan ketika tertutup, kelopak mata mempertahankan kelembaban permukaan mata. Tanpa kelembaban tersebut, kornea bisa menjadi kering, terluka dan tidak tembus cahaya. Bagian dalam kelopak mata adalah selaput tipis (konjungtiva) yang juga membungkus permukaan mata.
  • Bulu mata merupakan rambut pendek yang tumbuh di ujung kelopak mata dan berfungsi membantu melindungi mata dengan bertindak sebagai barrier (penghalang).
  • Kelenjar kecil di ujung kelopak mata menghasilkan bahan berminyak yang mencegah penguapan air mata.
  • Kelenjar lakrimalis terletak di puncak tepi luar dari mata kiri dan kanan dan menghasilkan air mata yang encer.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipJLUq8iBFcIM0qmOva7ZDe2t7Y_fsmoVNOfXBY1iBawlGWIoX0lZakAzSfu7h24s4G2qd-LAZLJywjOU6d6BIXb9OKIWAYIjrmMlZD_2-IXTJA95jMzfTZrtxAO22lUysEOK1D4FMIpCh/s400/air+mata.jpg
Air mata mengalir dari mata ke dalam hidung melalui 2 duktus lakrimalis; setiap duktus memiliki lubang di ujung kelopak mata atas dan bawah, di dekat hidung. Air mata berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan mata, juga menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke mata. Selain itu, air mata kaya akan antibodi yang membantu mencegah terjadinya infeksi.
Bola mata mempunyai 3 lapis dinding yang mengelilingi rongga bola mata. Ketiga lapis dinding ini dari luar ke dalam adalah sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibX0rAHyOOWcB1rMJp2JA2BjIGn2NFuSIwECs2nNv5SJ8nxw6JMZL4jz3Q7uQ_wBb-mxQVCA4G87pi8VyZ1KYHirXnJZBJzPzLO_UpITKCrF1v587i2K2kiD_3vonBB5QzoNf6jppL2Jq9/s400/pelindung+mata.gif

Sklera
Sklera merupakan jaringan ikat dengan serat yang kuat; berwarna putih buram (tidak tembus cahaya), kecuali di bagian depan bersifat transparan, disebut kornea. Konjungtiva adalah lapisan transparan yang melapisi kornea dan kelopak mata. Lapisan ini berfungsi melindungi bola mata dari gangguan.


Koroid
Koroid berwarna coklat kehitaman sampai hitam merupakan lapisan yang berisi banyak pembuluh darah yang memberi nutrisi dan oksigen terutama untuk retina. Warna gelap pada koroid berfungsi untuk mencegah refleksi (pemantulan sinar). Di bagian depan, koroid membentuk badan siliaris yang berlanjut ke depan membentuk iris yang berwarna. Di bagian depan iris bercelah membentuk pupil (anak mata). Melalui pupil sinar masuk. Iris berfungsi sebagai diafragma, yaitu pengontrol ukuran pupil untuk mengatur sinar yang masuk. Badan siliaris membentuk ligamentum yang berfungsi mengikat lensa mata. Kontraksi dan relaksasi dari otot badan siliaris akan mengatur cembung pipihnya lensa.
Retina

Lapisan ini peka terhadap sinar. Pada seluruh bagian retina berhubungan dengan badan sel-sel saraf yang serabutnya membentuk urat saraf optik yang memanjang sampai ke otak. Bagian yang dilewati urat saraf optik tidak peka terhadap sinar dan daerah ini disebut bintik buta.

0 komentar:

Posting Komentar