About

Jumat, 18 Oktober 2013

KODE ETIK KEPERAWATAN MENURUT ANA


Kode etik keperawatan menurut American Nurses Associction  (ANA) adalah sebagai berikut.
1. Perawat memberikan pelayanan dengan penuh hormat bagi martabat kemanusiaan dan  keunikan     klien  yang tidak dibatasi oleh pertimbangan –pertimbangan status sosial atau ekonomi,atribut personal, atau corak masalah kesehatannya.
2.Perawat melindungi hak klien akan privasi dengan memegang teguh informasi yang bersifat rahasia.
3.Perawat melindungi  klien dan publik bila kesehatan dan keselamatannya  terancam oleh praktik seseorang yang tidak berkompeten ,tidak etis atau ilegal.
4.Perawat memikul tanggung jawab atas pertimbangan dan tindakan perawatan yang dijalankan masing-masing individu.
5.Perawat memelihara kompetensi keperawatan.
6.Perawat melaksanakan pertimbangan  yang beralasan dan menggunakan kompetensi  dan kualifikasi individu sebagai kriteria dalam mengusahakan konsultasi,menerima tanggung jawab, dan melimpahkan kegiatan keperwatan kapada orang lain.

7.Perawat turut serta beraktifitas dalam membantu pengembangan pengetahuan profesi.
8.Perawat turut serta dalam upaya- upaya profesi untuk melaksanakan dan meningkatkan standar keperawatan.
9.Perawat turut serta dalam upaya-upaya profesi untuk melaksanakan dan membina kondisi kerja yang mendukung  pelayanan keperawatan yang berkualitas.
10.perawat turut serta dalam upaya-upaya profesi untuk melindungi publik terhadap informasi dan gambaran yang salah serta mempertahankan integritas perawat.
11.Perawat bekerjasama dengan  anggota profesi kesehatan atau warga masyarakat lainnya dalam meningkatkan upaya-upaya masyarakat dan nasional untuk memenuhi kebutuhan kesehatan publik.

KODE ETIK KEPERAWATAN MENURUT ICN
               ICN merupkan suatu federasi perhimpunan perawat nsional di seluruh dunia yang berdiri 1 Juli 1899 oleh Mrs.Bedford fenwich di Hanover Square, London dan direvisi pada tahun 1973.
               Kode etik diuraikan sebagi berikut.
               1.Tanggung jawab utama perawat
                              Tanggung jawab utama perawat adalah meningkatkan kesehatan,mencegah                                         timbulnya penyakit, memelihara kesehatan ,dan mengurangi penderitaan.
                              Untuk itu perawat meyakini bahwa :
                              a.Kebutuhan terhadap pelayanan keperawatan di berbagai tempat adalah sama.
                              b.Pelaksanaan praktik keperawatan di titikberatkan pada penghargaan terhadap                       kehidupan yang bermartbat dan menjunjung tinggi hak azasi manusia.
                              c.Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dan /atau keperawatan kepada                                         individu  ,keluarga ,kelompok,dan masyarakat ,perawat mengikutsertakan                                             kelompok dan  instansi terkait.
               2.Perawat, Individu , dan Anggota Kelompok  Masyarakat
                           Tanggung jawab utama perawat adalah melaksanakan asuhan keperawatan sesuai                     dengan kebutuhan masyarakat.untuk itu perawat perlu meningkatkan keadaan lingkungan                kesehatan dengan menghargai nilai-nilai, adat kebiasaan,serta kepercayaan individu                ,keluarga ,kelompok dan masyarakat  yang menjadi pasien /kliennya.perawat dapat                memegang teguh rahasia pribadi dan hanya dapat memberikan keterangan bila diperlukan                oleh pihak yang berkepentingan atau pengadilan.
               3.Perawat dan pelaksanaan praktik keperawatan
                              Perawat memegang peranan penting dalam menentukan dan melaksanakan                  standar praktik keperawatan untuk mencapai kemampuan yang sesuai dengan standar                pendidikan keperawatan .Perawat dapat  mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya                secara aktif untuk menopang perannya dalam situasi tertentu.perawat sebagai anggota                profesi ,setiap saat dapat mempertahankan sikap sesuai dengan standar profesi                keperawatan.
               4.Perawat Dan Lingkungan Masyarakat.
                              Perawat dapat memperkasai pembaharuan ,tanggap,mempunyai inisiatif,dan dapat                berperan serta secara aktif dalam menemukan masalah kesehatan dan masalah sosial yang                terjadi di masyarakat.
            5.Perawat Dan Sejawat.
                              Perawat dapat menopang  hubungan kerja sama dengan teman sekerja,baik tenaga                keperawatan maupun tenaga profesi lain di luar keperawatan.Perawat dapat melindungi    dan menjamin  seseorang ,bila dalam masa perawatannya merasa terancam.
               6.Perawat Dan Profesi Keperawatan.

                              Perawat memainkan peran yang besar  dalam menentukan pelaksaan standar                praktik   keperawatan dan pendidikan keperawatan .Perawat diharapkan ikut aktif  dalam                mengembangkan pengetahuan dalam  menopang pelaksanaan perawatan secara profesional. Perawat, sebagai  anggota organisasi  profesi ,berpartisipasi dalam memelihara     kestabilan sosial dan ekonomi sesuai dengan  kondisi pelaksanaan  praktik keperawatan.          

0 komentar:

Posting Komentar