About

Jumat, 18 Oktober 2013

SP ansietas

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA KLIEN ANSIETAS

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi Klien
Klien sudah beberapa hari mengalami gelisah, sulit tidur, tidak nafsu makan. Klien selalu memikirkan jadwal operasi anaknya yang tidak ada kepastian. Biayapun menjadi sumber kekhawatiran Ny. M karena ia tidak tahu darimana ia harus memenuhi biaya alat operasi anaknya yang tidak ditanggung Jamkesmas.
2. Diagnosa Keperawatan : Ansietas berat
3. Tujuan :
1. Pasien mampu membina hubungan saling percaya
2. Pasien mampu mengenal ansietas
3. Pasien mampu mengatasi ansietas melalui teknik relaksasi
4. Pasien mampu memperagakan dan menggunakan teknik relaksasi untuk mengatasi    
    ansietas

4. Tindakan keperawatan
1. Bina hubungan saling percaya
Dalam membina hubungan saling percaya perlu dipertimbangkan agar pasien merasa aman dan nyaman saat berinteraksi.
Tindakan yang harus dilakukan dalam membina hubungan saling percaya adalah :
  1. Mengucapkan salam terapeutik
  2. Berjabat tangan
  3. Memperkenalkan identitas diri (nama lengkap, nama panggilan, asal institusi)
  4. Menanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai
  5. Menjelaskan tujuan interaksi
  6. Menyepakati kontrak topik, waktu dan tempat setiap kali bertemu pasien
2. Bantu pasien mengenal ansietas
a. Bantu pasien untuk mengidentifikasi dan menguraikan perasaannya
b. Bantu pasien menjelaskan situasi yang menimbulkan ansietas
c. Bantu pasien mengenal penyebab ansietas
d. Bantu pasien menyadari perilaku akibat ansietas
3. Ajarkan pasien teknik relaksasi untuk meningkatkan kontrol dan rasa percaya diri
  Latihan relaksasi
      1) Tarik nafas dalam
      2) Mengerutkan dan mengendurkan otot-otot

4. Motivasi pasien melakukan teknik relaksasi setiap kali ansietas muncul

B. Proses pelaksanaan tindakan
  1. Orientasi :
    1. Salam terapeutik
”Assalamualaikum bu, perkenalkan nama saya Hapsah, panggil saja saya Hapsah, saya mahasiswa PSIK UNAND  yang sedang bertugas selama 2 hari di ruangan  ini,  nama Ibu siapa bu? Ibu lebih suka dipanggil siapa? Ibu, Saya yang akan merawat anak ibu selama di sini, mulai dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang”

b.     Evaluasi / Validasi
”Bagaimana perasaan ibu pagi ini? O, jadi ibu semalam gelisah,  tidak bisa tidur?”

c.      Kontrak :
Topik              Baiklah bu susi, bagaimana kalau sekarang kita berbincang-bincang tentang perasaan yang ibu rasakan..
Waktu              Bagaimana kalau kita berbincang-bincang selama 30 menit?”
Tempat            Kita berbincang-bincang dimana bu? Baiklah kita akan berbincang-bincang di ruang ini”

d.     Tujuan
Tujuan dari pertemuan kita saat ini adalah untuk...................



2. Kerja
”Tadi ibu katakan, ibu merasa gelisah, tidak bisa tidur, coba ibu ceritakan lebih lanjut tentang perasaan ibu? apa yang ibu sedang pikirkan? Apa yang ibu lakukan terkait dengan perasaan tersebut? Apa yang terjadi sehingga ibu merasa gelisah?”
”Bagaimana kalau saya ukur dulu ya tekanan darah, ibu”
”Apakah sebelumnya ibu pernah mengalami kondisi seperti sekarang ini?”
”Jadi ibu sebelumnya sering juga mengalami perasaan gelisah seperti sekarang ?”
“Apa masalah yang sebelumnya sering membuat ibu gelisah?”
“Selama ini, bila ibu punya masalah yang mengganggu, apa yang ibu lakukan?”
”Jadi kalau ibu punya masalah, ibu akan memikirkan terus masalah itu sehingga ibu merasa gelisah, tidak bisa tidur, tidak nafsu makan?”
”Kalau ibu sedang tidak gelisah, bagaimana kebiasaan tidur dan makan ibu?”
“Apa pekerjaan ibu sehari-hari? Apakah ibu selama ini puas dengan pekerjaan yang ibu lakukan? Bagaimana dengan penghasilan ibu?”
“Dalam keluarga ibu, apa yang biasanya dilakukan kalau ada masalah ?”
“Oh, jadi dalam keluarga ibu, memang terbiasa cepat panik dalam menghadapi masalah?”
“Bagaimana kebiasaan ibu dalam beribadah? Bagaimana dengan kebiasaan beribadah dalam keluarga ibu?”
“Apakah sebelumnya ibu pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan ?”
“Apa yang ibu lakukan? Dengan siapa biasanya ibu meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah kalau ibu merasa tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut? Apakah ibu berhasil menyelesaikan masalah tersebut?”
“Wah, baik sekali, berarti dulu ibu pernah mampu menyelesaikan  masalah yang cukup berat, saya yakin sekali ibu sekarang juga akan mampu menyelesaikan kecemasan yang ibu rasakan”
“Baiklah bu, bagaimana kalau sekarang kita coba mengatasi kecemasan ibu dengan latihan relaksasi dengan cara tarik nafas dalam, ini merupakan salah satu cara  untuk mengurangi kecemasan yang ibu rasakan. Bagaimana kalau kita latihan sekarang, Saya akan lakukan, ibu perhatikan saya, lalu ibu bisa mengikuti cara yang sudah saya ajarkan. Kita mulai ya bu. Ibu silakan duduk dengan posisi seperti saya. Pertama-tama, ibu tarik nafas dalam perlahan-lahan, setelah itu tahan nafas dalam hitungan tiga setelah itu ibu hembuskan udara melalui mulut dengan meniup udara perlahan-lahan. Nah, sekarang coba ibu praktikkan. Wah bagus sekali, ibu sudah mampu melakukannya. ibu bisa melakukan latihan ini selama 5 sampai 10 kali sampai ibu merasa relaks atau santai”

3. Terminasi
a.      Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan
1)     Evaluasi   subyektif
”Bagaimana perasaan ibu setelah kita ngobrol tentang masalah yang ibu rasakan dan latihan relaksasi?
Evaluasi  obyektif
Coba ibu ulangi lagi cara yang sudah kita pelajari, wah bagus sekali..
2)  Rencana Tindak Lanjut (apa yang perlu dilatih klien sesuai dengan hasil tindakan yang telah dilakukan) :
jam berapa ibu akan berlatih lagi melakukan cara ini? Mari, kita masukkan dalam jadwal harian ibu. Jadi, setiap ibu merasa cemas, ibu bisa langsung praktikkan cara ini, dan bisa melakukannya lagi sesuai jadwal yang telah kita buat.
3)   Kontrak yang akan datang :
Topik               Latihan relaksasi ini hanya salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan atau ketegangan, masih ada cara lain dengan latihan mengerutkan dan mengendurkan otot, bagaimana kalau kita latihan cara yang kedua ini besok pagi
Waktu              Ibu mau ketemu jam berapa? Bagaimana kalau 15 menit
Tempat            Ibu mau bercakap dimana? Bagaimana kalau di tempat ini lg..

Masih ada yang mau ditanyakan bu? Baiklah kalau tidak ada saya pamit dulu. Assalamualaikum”

























 STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA KLIEN ANSIETAS

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi Klien
Klien sudah beberapa hari mengalami gelisah, sulit tidur, tidak nafsu makan. Klien selalu memikirkan jadwal operasi anaknya yang tidak ada kepastian. Biayapun menjadi sumber kekhawatiran Ny. M karena ia tidak tahu darimana ia harus memenuhi biaya alat operasi anaknya yang tidak ditanggung Jamkesmas.
2. Diagnosa Keperawatan : Ansietas berat
3. Tujuan :
1. Pasien mampu membina hubungan saling percaya
2. Pasien mampu mengenal ansietas
3. Pasien mampu mengatasi ansietas melalui teknik relaksasi
4. Pasien mampu memperagakan dan menggunakan teknik relaksasi untuk mengatasi    
    ansietas
4. Tindakan keperawatan
1. Bina hubungan saling percaya
Dalam membina hubungan saling percaya perlu dipertimbangkan agar pasien merasa aman dan nyaman saat berinteraksi.
Tindakan yang harus dilakukan dalam membina hubungan saling percaya adalah :
  1. Mengucapkan salam terapeutik
  2. Berjabat tangan
  3. Memperkenalkan identitas diri (nama lengkap, nama panggilan, asal institusi)
  4. Menanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai
  5. Menjelaskan tujuan interaksi
  6. Menyepakati kontrak topik, waktu dan tempat setiap kali bertemu pasien
2. Bantu pasien mengenal ansietas
a. Bantu pasien untuk mengidentifikasi dan menguraikan perasaannya
b. Bantu pasien menjelaskan situasi yang menimbulkan ansietas
c. Bantu pasien mengenal penyebab ansietas
d. Bantu pasien menyadari perilaku akibat ansietas
3. Ajarkan pasien teknik relaksasi untuk meningkatkan kontrol dan rasa percaya diri
  Latihan relaksasi
      1) Tarik nafas dalam
      2) Mengerutkan dan mengendurkan otot-otot

4. Motivasi pasien melakukan teknik relaksasi setiap kali ansietas muncul

B. Proses pelaksanaan tindakan
  1. Orientasi :
    1. Salam terapeutik
”Assalamualaikum bu, perkenalkan nama saya Hapsah, panggil saja saya Hapsah, saya mahasiswa PSIK UNAND  yang sedang bertugas selama 2 hari di ruangan  ini,  nama Ibu siapa bu? Ibu lebih suka dipanggil siapa? Ibu, Saya yang akan merawat anak ibu selama di sini, mulai dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang”

b.     Evaluasi / Validasi
”Bagaimana perasaan ibu pagi ini? O, jadi ibu semalam gelisah,  tidak bisa tidur?”

c.      Kontrak :
Topik              Baiklah bu susi, bagaimana kalau sekarang kita berbincang-bincang tentang perasaan yang ibu rasakan..
Waktu              Bagaimana kalau kita berbincang-bincang selama 30 menit?”
Tempat            Kita berbincang-bincang dimana bu? Baiklah kita akan berbincang-bincang di ruang ini”

d.     Tujuan
Tujuan dari pertemuan kita saat ini adalah untuk...................



2. Kerja
”Tadi ibu katakan, ibu merasa gelisah, tidak bisa tidur, coba ibu ceritakan lebih lanjut tentang perasaan ibu? apa yang ibu sedang pikirkan? Apa yang ibu lakukan terkait dengan perasaan tersebut? Apa yang terjadi sehingga ibu merasa gelisah?”
”Bagaimana kalau saya ukur dulu ya tekanan darah, ibu”
”Apakah sebelumnya ibu pernah mengalami kondisi seperti sekarang ini?”
”Jadi ibu sebelumnya sering juga mengalami perasaan gelisah seperti sekarang ?”
“Apa masalah yang sebelumnya sering membuat ibu gelisah?”
“Selama ini, bila ibu punya masalah yang mengganggu, apa yang ibu lakukan?”
”Jadi kalau ibu punya masalah, ibu akan memikirkan terus masalah itu sehingga ibu merasa gelisah, tidak bisa tidur, tidak nafsu makan?”
”Kalau ibu sedang tidak gelisah, bagaimana kebiasaan tidur dan makan ibu?”
“Apa pekerjaan ibu sehari-hari? Apakah ibu selama ini puas dengan pekerjaan yang ibu lakukan? Bagaimana dengan penghasilan ibu?”
“Dalam keluarga ibu, apa yang biasanya dilakukan kalau ada masalah ?”
“Oh, jadi dalam keluarga ibu, memang terbiasa cepat panik dalam menghadapi masalah?”
“Bagaimana kebiasaan ibu dalam beribadah? Bagaimana dengan kebiasaan beribadah dalam keluarga ibu?”
“Apakah sebelumnya ibu pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan ?”
“Apa yang ibu lakukan? Dengan siapa biasanya ibu meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah kalau ibu merasa tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut? Apakah ibu berhasil menyelesaikan masalah tersebut?”
“Wah, baik sekali, berarti dulu ibu pernah mampu menyelesaikan  masalah yang cukup berat, saya yakin sekali ibu sekarang juga akan mampu menyelesaikan kecemasan yang ibu rasakan”
“Baiklah bu, bagaimana kalau sekarang kita coba mengatasi kecemasan ibu dengan latihan relaksasi dengan cara tarik nafas dalam, ini merupakan salah satu cara  untuk mengurangi kecemasan yang ibu rasakan. Bagaimana kalau kita latihan sekarang, Saya akan lakukan, ibu perhatikan saya, lalu ibu bisa mengikuti cara yang sudah saya ajarkan. Kita mulai ya bu. Ibu silakan duduk dengan posisi seperti saya. Pertama-tama, ibu tarik nafas dalam perlahan-lahan, setelah itu tahan nafas dalam hitungan tiga setelah itu ibu hembuskan udara melalui mulut dengan meniup udara perlahan-lahan. Nah, sekarang coba ibu praktikkan. Wah bagus sekali, ibu sudah mampu melakukannya. ibu bisa melakukan latihan ini selama 5 sampai 10 kali sampai ibu merasa relaks atau santai”

3. Terminasi
a.      Evaluasi respon klien terhadap tindakan keperawatan
1)     Evaluasi   subyektif
”Bagaimana perasaan ibu setelah kita ngobrol tentang masalah yang ibu rasakan dan latihan relaksasi?
Evaluasi  obyektif
Coba ibu ulangi lagi cara yang sudah kita pelajari, wah bagus sekali..
2)  Rencana Tindak Lanjut (apa yang perlu dilatih klien sesuai dengan hasil tindakan yang telah dilakukan) :
jam berapa ibu akan berlatih lagi melakukan cara ini? Mari, kita masukkan dalam jadwal harian ibu. Jadi, setiap ibu merasa cemas, ibu bisa langsung praktikkan cara ini, dan bisa melakukannya lagi sesuai jadwal yang telah kita buat.
3)   Kontrak yang akan datang :
Topik               Latihan relaksasi ini hanya salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan atau ketegangan, masih ada cara lain dengan latihan mengerutkan dan mengendurkan otot, bagaimana kalau kita latihan cara yang kedua ini besok pagi
Waktu              Ibu mau ketemu jam berapa? Bagaimana kalau 15 menit
Tempat            Ibu mau bercakap dimana? Bagaimana kalau di tempat ini lg..

Masih ada yang mau ditanyakan bu? Baiklah kalau tidak ada saya pamit dulu. Assalamualaikum”
























0 komentar:

Posting Komentar